Sabtu, 26 Mei 2012

Ketika GALAU Dalam Dakwah


Asslamu'alaikum..Wr Wb Pada Postingan Kali ini .. ingin berbagi kepada sobat sekalian.. terutama yang sering gundah gulanah dalam berdakwah, merasa tidak Sregh.. atau entah apa namanya.. sehingga sering menyalahkan Jalan dakwah itu sendiri

=
Dakwah mengajak kepada yang ma'ruf dan mencegah kepada yang munkar, baik itu didunia masyarakat, dunia kerja, dunia kampus, sekolah, pasar,dsb.
Saya dapatkan ketika Segmen Kultum oleh salah satu ikhwah.. Sebelumnya Tahu "Kultum" kan?

Ya. yang singkatannya "Kuliah Terserah Antum" :) hee
Baiklah Langsung saja..
Diambil dari sebuah kisah nyata..
Seorang Pemuda.. yang merantau dan menuntut ilmu disuatu kota, memiliki kebiasaan shalat berjamaah ke msjid disetiap waktu, ada shalat Shubuh, Dzhuhur, Ashar, Magrib, Isya..
suatu ketika shalat Isya sudah datang, pemuda ini pun langsung menyambut Undangan Ilahi Rabbi..
Karena Dia Tahu, Allah memerintahkan Umatnya untuk memuliakan Tamu, tentunya Allah lebih tahu Bagaimana memuliakan tamunya yakni (shalat berjamaah), entah kehilafan atau tidak , pemuda ini kelupaan mengunci pintu kost2annnya, hingga ketika khusyuknya shalat dan kembali ke kost.. tahu-tahu.. pintu rumahnya terbuka begitu saja.. dan dipikiran dia..Jangan2..
dan benarlah, pemuda ini baru saja mengalami musibah kemalingan, Laptop, +HP + Uang Tunai Raib diUntel tu Maling..Innalillahi wa;innailahi Raaji'uun..
Akhirnya, dilaporkanlah kepolisi setempat, dan ortu sipemuda pun datang menjenguk anaknya yang baru saja terkena musibah, sambil memberi nasehat.."Lain kali hati-hati nak.."
Sobat..kira-kira apa yang bisa kita ambil pelajaran dari kisah diatas>.?
Terkadang atau malahan sering kita berkeluh kesah dalam jalan dakwah, ketika nilai rendah, ketika merasa diambil waktunya, ketika dan semacamnya.. sehingga melihat Dakwah sebagai Kambing hitam kegagalan kita dalam memanajemen waktu. Nilai rendah karena aku berdakwah, waktuku selama ini terbuang percuma karena aku berdakwah, ikut syuro lah ikut ini lah.. dsb..
Kita lihat bagaimana kisah pemuda tadi.. Dia memiliki kebiasaan luar biasa, yakni shalat berjamaah ke mesjid, dan suatu hari khilaf/lupa mengunci pintu kost2an.. lalu dapat cobaan kemalingan..sekarang..apakah yang sipemuda salahkan ini "Shalat berjamaahnya? atau kekhilafan dia sendiri?
"Wah..Trauma gue shalat berjamaah, coba gak shalat berjamaah, laptop+ uang tunai + Hp masih ditangan gue.." ckckck
TIIDak seperti itu..
dan bersyukur juga ortu pemuda tidak menyalahkan shalat berjamaah yg menjadi kebiasaan sipemuda.. dan malahan menasehati..
"Lain kali hati-hati Nak"

Subhanallah.. begitu terharunya saya mendengar ini..
Dalam surah Muhammad ayat 7 Allah berfirman..
Hai orang-orang yang beriman, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu. (47): 7
maka dari itu..ketika kita merasakan kegagalan dalam melakukan sesuatu padahal kita sudah ikut dalam jalan dakwah, boleh jadi saat itu Allah menegur kita, Agar mengevaluasi Diri kita, siapa tahu cara manajemen waktu/belajar kita yang perlu ditingkatkan, serta boleh jadi karena mengurangi Dosa-Dosa yang kita perbuat.,
Tidaklah seorang muslim tertusuk duri atau yang lebih dari itu, melainkan ditetapkan baginya dengan sebab itu satu derajat dan dihapuskan pula satu kesalahan darinya”. (HR. Muslim no. 2572).
serta karena Allah ingin menguji Keikhlasan Pada Usaha Kita selama ini.
.
.. so.. dengan tetap istiqamah dalam dakwah, Insya Allah Allah akan mempermudah urusan kita, baik itu urusan dunia maupun akhirat..
wallahu'alam

Artikel Terkait
. DOA yang paling Di banyak Di Baca Umat Islam Ini Gokil Gan..
. IDOLAKU SESUNGGUHNYA
. MABUK YANG DISUKAI ALLAH
. BUKAN SEMBARANG RENUNGAN
. SUCI DARI DEBU YA TAYAMUM
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

MARI KITA SHARING

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...