Jumat, 30 Maret 2012

Jawaban Untuk Yang Bermasalah

http://www.murtecisozluk.com/yukle/images/besmelebis.jpg
Assalamu'alaikum..Lama tidak memposting di blog ini maklum.. Lagi Ngisi juga di Isteri Muda , tapi mencoba untuk adil InsyaAllah..
so.. Pada Postingan kali ini ingin share atau berbagi kepada sahabat-sahabatku semua..
Masalah dalam kehidupan takkan bisa kita hindari, ibarat pepatah mengatkan masalah seperti bayangan, kemanapun kita pergi dia akan terus mengikuti kita,Ya.. itulah yang terjadi pada diri setiap insan yang dikaruniai nikmat berupa akal untuk bisa menyelesaikan masalah tersebut..
Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya ((2): 286)
Setiap penyakit ada obatnya, setiap masalah ada solusinya,. mereka akan selalu berpasangan menyeimbangkan dunia, banyak Sikap atau tindakan yang terkadang lupa atau khilaf atau malah tidak pernah terpikirkan Mereka yang sedang bermasalah, hingga serasa Dunia ,menyempit atau ditertawakan banyak orang, padahal bukanlah demikian, itu semua hanya ilusi kita sendiri yang kita buat..padahal kalau dia ditawari/ dimintai pendapat mengenai solusi  masalah oleh orang lain, sebenarnya dia mampu menyelesaikannya..
Oke.. Langsung saja.. ke TKP
 
sesuai dengan Judul postingan Jawaban untuk yang bermasalah..
sikap-sikap tersebut adalah :
1. Keberanian & Kejujuran
Rasa berani Biasanya bisa menyelesaikan masalah, terkadang ego malu, atau semacamnya menutupi keberanian kita, pada fitrahnya manusia diciptakan memiliki dua kecenderungan, berani atau penakut, ketika rasa takut lebih besar daripada berani maka dia disebut penakut, tapi sebaliknya rasa berani lebih besar daripada rasa takut, maka dia disebut pemberani..Sifat pemberani adalah sebagian dasar pondasi seorang pemimpin
cth saja:
Berani mengakui kesalahan (yang awalnya kesalahan membuat kita resah, gelisah, tidur tak enak, makan tak nyenyak...kalau saja kita mau berani maka pikiran pun akan tenang hingga kita bisa mengerjakan amal yang
lainnya,
http://4.bp.blogspot.com/-1DCNEIdeib4/TmrIrwn8giI/AAAAAAAAD_g/898na44R3u8/s1600/keberanian.jpgBerani mencoba hal yang baru, misalnya saja dalam suatu kepantiaan, kita ditunjuk menjadi ketua pelaksana, karena takut ini, takut itu..sehingga kesempatan ini pun kita berikan kepada kawan yang lain..ckckck (padahal diwaktu itulah kita diberi kesempatan untuk meningkatkan level diri serta belajar proses manajemen diri
seorang laki2 yang sudah siap untuk membina rumah tangga kalau gak berani nyatakan cinta atau mengkhitbah wanita yang diidam2kan maka takut terlambat dan rebut orang
  jadi merana nantinya..
kemudian Jujur,
Kejujuran adalah mata uang yang akan selalu laku dimanapun kita berada
Ya..Terkadang kegelisahan akan dirasa kalau kita gak jujur,
boleh jadi sekali atau dua kali kita berbohong, tapi sejak berikutnya maka akan hilanglah "kepercayaan" orang ke kita2 ..
Ujian gak jujur, memang bangga dapat nilai tinggi, tapi dia akan berbuah, sebagaimana kita tanam
Berani dan jujur
sifat seorang calon pemimpin,
seorang yang jujur tapi tidak berani hanya akan menghasilkan seorang "Pengecut"
sedangkan orang yang berani tapi tidak JUJUR, hany akan melahirkan si Penjilat yang menguntungkan dirinya sendiri.
jadi, seimbangkanlah keduanya dengan menerapkan pada diri kita..Insyallah
2. Terbuka (Komunikasi)

Ini adalah permasalahan yang pelik menjadi kambing hitam suatu organisasi..biasanya sih di MUBES..Kurang koordinasilah, padahal sebenarnya kurang bisa memanajemen waktu hingga komunikasi tidak terjaga, banyak permasalahan keluarga yang berimbas pada perceraian ketika,seoarang suami serasa tidak punya isteri, dan sebaliknya isteri serasa tidak punya suami. seorang bos yang tidak mengetahui permasalhan sebenrnya karyawannya, Ya..dengan terbuka insyallah..masalah akan lebih ringan karena  bisa saling berbagi dan mencari solusi yang terbaik. dengan saling "KETERBUKAAN"

3. Lakukan
DO IT (bukan Duit bro..) Ini biasanya masalah yang dihadapi, sobat2 yang bingung, memikirkan banyak yang harus di lakukan, sehingga bingung apa yang harus dilakukan terlebih dahulu, contoh nya saja,, skripsi gak kelar-kelar ,dsb, Organisasi pun kalau kebanyakan wacana tapi gak ada duit , eh afwan Do It (walau ada benarnya kalau gak ada duit acara susah untuk jalan ..hehe) just for Fun..
jadi jawabnnya "LAKUKAN" mulai dari mana? yang paling mudah sebagaimana nasehat guru waktu sekolah pas Ujian .

4. Belajar Dari Pengalaman
 jangan kesana lagi bro.. ntar kayak ane.. (pengalaman nih)
kehidupan berpuluh- puluh tahun bisa kita dapatkan, cukup beberapa jam atau menit saja.. Ya belajar dari pengalaman orang yang sudah mengalami, dengan memperbanyak wawasan dan silaturahmi ke ybs, maka cara kita menyelesaikan masalah akan semakin Inovasi dan lebih kreatif, sering sharing permasalahan dengan yang berkompeten.. bukankah mengangkat beban kalau berdua atau lebih mungkin, maka akan terasa lebih mengangkatnya..

5. Kembali ke Fitrah (sebagai seorang Hamba) 

Kekuatan Terbesar seorang manusia adalah, kekuatan berdasarkan nilai spriritual (kembali kepada ALlah,, .. dalam firmanNya

Hai orang-orang yang beriman, mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan (mengerjakan) salat, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. ((2):253)




 “Mintalah (berdoa) kepada-Ku, niscaya akan Aku kabulkan.” (QS. Al-Mu'min: 60)
Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan ((1):5)

Allah begitu rindu dengan keluh kesah hambanya diwaktu malam, curhat hambanya diwaktu orang-orang sedang terlelap di peraduannya, dan keluh kesah hamba yang dirundung masalah, bukan berkeluh kesah di, "MAAF" FB atau twitter yang kesemuanya, hanya akan memberikan kefanaan belaka...
sobat..
dengan berdoa kepadaNya, tak hanya sebagai bentuk kepasrahan seorang hamba..tetapi juga sebagai bentuk motivasi/ Janji seorang hamba kepada Allah untuk berubah lebih baik.
ketika berdoa untuk pintar, berrti kita berjanji Pada Allah untuk berikhtiar mewujudkan hal itu, dan mohon pertolongan Allah untuk diberikan Ketegaran dalam menjalaninya, maka kita kita rajib belajar, giat mengajar, dsb.
ketika kita berdoa ingin jodoh yang sholeh/ sholehah , berarrti  kita sudah berjanji pada diri kita untuk bisa mengubah diri sendiri ,menajdi lebih baik, ketika berdoa ingin kaya berarti kita berjanji untuk berusaha dengan maksimal untuk mewujudkan harapan (doa tersebut).
nah dengan adanya doa, selain menjadi investasi amal, juga menjadi kekuatan (spiritual) seorang muslim yang sedang bermasalah..
 
dengan kembali ke fitrah sebagai Hamba , maka kita akan menyadari bahwa permaslaahn yang kita hadapi adalah UJian untuk meningkatkan Level (derajat) kita di sisiNya.
Tetap Optimis semoga permasalahan yang sering kita alami bisa kita ambil ibrah (pelajaran) didalamnya.. wallahu'alam


2 komentar:

  1. jd teringat kata2 seseorang, masalah itu bukan untuk dicari-cari, tp mun ada masalah jgn dibawa lari.:D

    BalasHapus

MARI KITA SHARING

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...