Kamis, 15 Desember 2011

Mereka Ada Di Mana-mana

Gepeng atau Gelandang dan pengemis seperti dua sisi mata uang yang berbeda, di satu sisi mereka perlu di sikapi karena kemalasannya, tapi sisi lain juga perlu dikasihani, apalagi di bulan ramadhan dan idul fitri banyak derma dari masyarakat yang semakin meningkat.

Hal ini sudah menjadi masalah rutin yang dihadapi bangsa kita, bahkan di dunia sekalipun, tentunya mengapa mereka memilih profesi seperti ini, masalah pendidikan, pekerjaan dan ekonomi yang menjadi alasan utama mereka.

Pendidikan yang rendah menyebabkan rendahnya pula kreativitas dan inovatif mencari nafkah dengan cara yang lebih terhormat , karena kurangnya inovatif sehingga kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan kemudian ditambah lagi tuntutan serta kebutuhan hidup yang semakin meningkat serta ekonomi yang di bawah rata-rata menyebabkan profesi gepeng menjadi pilihan bagi mereka, selain ketiga factor tersebut masih banyak lagi factor-faktor lainnya seperti low skill, didikan orang tua , dll






Jika hanya dirazia, ditahan, ditertibkan, sampai dimaki-maki segala maka tidak akan menyelesaikan masalah, bahkan bisa tambah parah, suatu masalah diperlukan suatu solusi yang tepat guna menyelesaikan masalah tersebut. Indonesia sebagai Negara muslim terbesar di dunia, sebenarnya sudah memiliki solusi yang bagus bila penanganannya berjalan efektif.



Islam mengajarkan kepada kita semua untuk bekerja keras dan bersabar dalam menghadapi kehidupan ini, sebagaimana hadist Rasul “Tangan di atas lebih baik daripada tangan dibawah”,



meskipun ada saja saudara kita yang serba kekurangan, semua pihak memiliki peran serta untuk saling membantu menyelesaikan masalah ini, baik membantu dari segi ilmu (siraman rohani, motivasi, dsb) maupun materi. Zakat adalah salah satu solusi alternative agar saudara-saudara kita tidak menjadi gepeng, dengan penanganan yang efektif berupa bantuan langsung atau melalui lembaga atau badan yang menangani hal itu.

Peran pemerintah dalam menindak lanjuti para gepeng pun, jangan hanya sekedar pendataan, tahanan,dan himbauan saja, akan tetapi ada baiknya bila mereka itu dilatih keterampilan atau skillnya bisa melalui suatu lembaga atau yayasan yang secara khusus memberikan pendidikan dan keterampilan agar mereka bisa hidup mandiri karena mereka tak hanya butuh sekedar makan saja, tetapi juga perlu ilmu atau keterampilan untuk menghadapi tuntutan zaman.

semua akan terlihat sulit jika tidak ada tindakan nyata. semua akan pincang sebelah jika tidak ada kerjasama semua pihak, semoga masalah ini bisa kita pecahkan bersama demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat sebagaimana syair “idul fitri :

“Minal Aidzin Wal faidzin Maafkan lahir dan latin Selamat para pemimpin Rakyatnya makmur terjamin”

amin ya rabb.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

MARI KITA SHARING

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...